Sifat Air Kencing

Al Ustadz Abu Yasir Wildan hafizhahulloh

Berikut audio kajian beliau hafizhahulloh tanggal 15 Rajab 1438H – 12 April 2017M di Masjid An-Nahl Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Jatinangor Kabupaten Sumedang. Pembahasan Kitab Umdatul Ahkam dengan tema “Sifat Air Kencing”:

[24 KBPS]
Sifat Air Kencing – Al Ustadz Abu Yasir Wildan

[16 KBPS] 
Sifat Air Kencing – Al Ustadz Abu Yasir Wildan

[8 KBPS]
Sifat Air Kencing – Al Ustadz Abu Yasir Wildan

RINGKASAN PEMBAHASAN

Dari Anas bin Malik rodhiyallohu ‘anhu berkata: “Seorang A’robi (Badui) mendatangi masjid, lalu dia kencing di salah satu sudut masjid, serta-merta para shahabat berteriak menghardik orang tersebut sehingga Rosululloh pun melarang mereka. Setelah orang itu selesai dari kencingnya, Rosululloh memerintahkan para shahabatnya mengambil satu ember air untuk disiramkan pada tempat yang dikencingi itu.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Faidah yang bisa kita ambil dari hadits di atas:

  1. Air kencing yang ada pada tanah bisa disucikan dengan menyiramkan air pada tanah tersebut.
  2. Memuliakan dan mensucikan masjid termasuk memakmurkannya
  3. Mulianya akhlak Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam. Asal dalam dakwah adalah lemah lembut dan Nabi membimbing orang Badui tersebut dengan bimbingan yang sangat lembut.
  4. Jauhnya pandangan Nabi sholallohu ‘alaihi wa sallam atas karakter-karakter manusia. Menempatkan manusia sesuai dengan tempatnya sehingga penting mengetahui keadaan mad’u (objek dakwah).
  5. Ketika banyak mafsadah yang tidak bisa ditinggalkan, ambil mafsadah yang paling ringan. Jika dua maslahat tidak bisa dikerjakan, ambil maslahat yang paling besar. Salah satu kaidah dalam amar ma’ruf nahi munkar ialah tidak mencegah kemungkaran dengan tangan apabila dikahwatirkan timbul kemungkaran yang lebih besar.
  6. Jauhnya manusia dari kota menyebabkan dirinya menjadi kasar dan bodoh.
  7. Sikap lembut dalam mengajari orang yang tidak tahu.

Wallohu a’lam bi showab.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *