Menuju Rumah Tangga Sakinah

Berikut adalah uraian nasihat Ustadzuna Abu Hamzah Yusuf hafizhahullohu ta’ala di Masjid Agung Cimahi pada tanggal 22 November 2014 di acara Walimatul Ursy yang intinya adalah menuju rumah tangga sakinah:

  1. Hendaknya memulai segala aktivitas dengan do’a. Meminta kepada Alloh, dengan do’a segala sesuatu bisa jadi nyata. Do’a dalam bentuk kepatubah kepada Alloh. Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam tidak pernah lupa meminta petunjuk (do’a) padahal beliau manusia terbaik.
  2. Hendaknya meyakini segala yang terjadi telah ditakdirkan Alloh. Segala sesuatu telah dikehendaki untuk terjadi termasuk perkara-perkara yang menjadi beban hidup termasuk Fitnah. Ini mendorong kita untuk selalu bergantung kepada Alloh. Semakin kuat untuk mengarungi hidup.
  3. Hendaknya menanamkan keyakinan bahwa tidaklah Alloh menakdirkan sesuatu kecuali ada hikmah. Segala yang ditakdirkan baik atau buruk ada hikmahnya. Termasuk Fitnah yang kita hadapi yakni Fitnah Syubhat dan Fitnah Syahwat. Diantara hikmahnya Alloh tampakkan hakikat hidup seseorang.
  4. Hendaknya tidak merasa aman. Jangan merekomendasi diri sendiri karena Alloh lebih tahu siapa hamba-Nya yang paling bertaqwa. Semakin banyak punya kebaikan harusnya lebih dekat kepada Alloh. Khawatir suatu saat akan dibolak-balikkan. Mendekatkan diri kepada Alloh dengan segala kebaikan yang bisa dikerjakan.
  5. Hendaknya mengembalikan segala masalah berhubungan dengan fitnah yang berat untuk dipikul kepada para ulama. Alloh memerintahkan untuk bertanya kepada ahlul ilmi apabila tidak mengetahui.

Semoga faidah-faidah di atas semakin memotivasi kita agar senantiasa menjadikan keluarga kita keluarga sakinah, dan bagi yang sedang dalam tahapan menuju pernikahan bisa memulai untuk merintis rumah tangga sakinah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *