Keutamaan Amal Shaleh

Al Ustadz Abu Yasir Wildan hafizhahulloh [1]

Dari Anas rodhiyallohu ‘anhu, dari Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Tiga perkara yang mengantar mayat, yaitu: keluarga, harta benda dan amal perbuatannya. Dua perkara pulang kembali dan satu tetap bersamanya; keluarga dan harta bendanya pulang kembali sedangkan amal perbuatannya tetap bersamanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Penjelasan dan faidah yang bisa diambil dari hadits tentang amal shaleh riwayat Bukhari dan Muslim di atas:

1. Tentang shahabat Anas rodhiyallohu ‘anhu, beliau ialah Anas bin Malik, salah satu yang berkhidmat membantu kebutuhan Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam.

2. Manusia apabila meninggal dunia yang mengiringi jenazahnya ada 3 yakni keluarganya, hartanya (termasuk budak yang dia miliki) dan amalnya. Dari ketiga perkara tersebut yang tetap menyertainya di alam kubur ialah amalnya. Adapun dunia dan semua perhiasan akan kembali, tidak menyertainya di alam kubur.

3. Hadits ini mengandung motivasi untuk melaksanakan amal-amal shaleh dan bersemangat dengannya karena amal shaleh akan menemani di dalam kubur.

4. Kehidupan dunia adalah tempat menanam berbagai kebaikan yang akan kita petik hasilnya di akhirat. Amal shaleh yang bisa menjawab pertanyaan dua malaikat kubur. Amal shaleh dibangun di atas keikhlasan dan mengikuti sunnah Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam.

5. Dorongan agar tidak berambisi terhadap dunia karena kehidupan dunia itu kesenangan yang menipu dan akan binasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *