Hukuman Terhadap Ahli Bid’ah

Jamal bin Furaihan al Haritsi hafizhahulloh [1]
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rohimahulloh mengatakan [2]:

“Wajib dikenakan hukuman terhadap orang-orang yang menisbatkan dirinya kepada Ahli Bid’ah, nembela dan memuji mereka atau menyanjung mereka atau memaafkan mereka dengan menyatakan bahwa ucapan (bid’ah) ini tidak dapat dipahami apa maksudnya? atau mempertanyakan benarkah mereka yang menulis kitab ini?

Alasan-alasan seperti ini, sesungguhnya tidak akan diucapkan kecuali oleh orang yang jahil atau munafiq bahkan wajib untuk dihukum bagi setiap orang yang sudah mengetahui keadaan mereka tetapi tidak membantu menegakkan hukuman terhadap Ahli Bid’ah tersebut.

Maka sesungguhnya menegakkan hukuman terhadap orang yang seperti ini merupakan kewajiban yang sangat agung. Karena mereka merusak akal dan agama seluruh manusia, baik dari kalangan syaikh, ulama, raja-raja ataupun para pemimpin. Bahkan menyebarluaskan kerusakan tersebut di muka bumi dan menghalangi manusia dari jalan Alloh.”

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rohimahulloh berkata [3]:

“Adapun da’i yang mengajak umat kepada kebid’ahan sangat pantas mendapat hukuman, berdasarkan kesepakatan kaum muslimin. Hukuman tersebut dapat berupa hukuman mati, dapat juga dengan jukuman jenis lain.

Apabila dengan pertimbangan tertentu, seorang Ahli Bid’ah belum pantas diberi sanksi atau tidak mungkin mendapat hukuman maka mau tidak mau haruslah dijelaskan kepada umat tentang kebid’ahannya dan memperingatkan mereka agar menjauhinya.

Hal ini termasuk salah satu bentuk perbuatan amar ma’ruf nahi munkar yang diperintahkan oleh Alloh dan Rosul-Nya.”

Dari WA Forum Berbagi Faidah dan Riyadhul Jannah Wonogiri
________________________
[1] Lammud Durril Mantsur Minal Qauli Ma’tsur. Bab 20 no.193, 197 halaman 62-62. Penerbit Darussalaf. Diterjemahkan oleh Abu Utbah Midqad al-Ghifary hafizhahulloh.
[2]. Majmu’ al-Fatawa, 2/132
[3]. Majmu’ al-Fatawa, 35/414

2 thoughts on “Hukuman Terhadap Ahli Bid’ah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *